Kenapa Lelang Online? Ini Pertimbangan Kelebihan Dan Kekurangannya

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses informasi, memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga menikmati jasa yang dibutuhkan salah satunya jasa lelang online. Kesempatan lelang online ini ternyata betul-betul dimanfaatkan oleh penjual dengan sangat baik. Para penjual barang pada jasa lelang online selalu rajin mengikuti jadwal pelelangan yang diselenggarakan oleh penyedia jasa lelang online. Kesempatan para pemilik aset untuk menjual aset yang dimiliki semakin terbuka lebar dan memiliki kemungkinan yang sangat menguntungkan.
Masih penasaran dengan jasa lelang online? mari kita simak beberapa kelebihan dan kekurangan lelang online dalam uraian berikut:

Kelebihan

Objektif

Sebagaimana kegiatan lelang pada umumnya, lelang online juga bersifat objektif, artinya kegiatan lelang online dilakukan secara terbuka dan bersifat umum. Kegiatan lelang online harus terhindar dari prioritas yang menjadi sebuah misi dari beberapa oknum yang mencurigakan.

Aman

Keamanan kegiatan lelang online juga akan didapatkan ketika kita berada pada penyedia jasa lelang online yang terpercaya. Lelang online yang terpercaya akan dipimpin oleh pejabat lelang yang bersifat independen. Barang atau aset yang akan diperjualbelikan akan diteliti terlebih dahulu oleh pejabat lelang.

Efisien

Lelang online memiliki waktu yang benar-benar harus dimanfaatkan secara maksimal. Baik waktu ketika proses pelelangan serta waktu penyerahan berkas-berkas yang diperlukan. Kesepakatan waktu dapat ditentukan oleh pihak-pihak terkait, tentunya di depan pejabat lelang.

Bersifat Kompetitif

Sebagaimana yang telah terjadi sebelumnya, bahwa lelang online juga memiliki sifat kompetitif, artinya terdapat persaingan dalam hal tawar-menawar aset atau barang yang akan dilelangkan.
Semua hak dan kewajiban peserta lelang disama ratakan, tanpa adanya prioritas atau pengecualian terhadap barang atau aset yang dilelangkan. Hal tersebut akan menciptakan kompetisi yang sehat sehingga dapat mencapai harga yang optimal.

Pengawasan yang Tinggi

Kegiatan pelelangan online sebelumnya didahului dengan pengumuman kepada khalayak ramai untuk menghimpun para peminat. Hal ini berarti sebuah pelelangan resmi yang dilakukan memiliki pengawasan yang cukup tinggi, sehingga meminimalisir kerugian yang akan muncul.

Kekurangan

Tidak Mengetahui Barang Secara Nyata

Pada kegiatan lelang online memang sangat memungkinkan untuk melihat barang atau aset dalam bentuk gambar. Namun pada kenyataannya masih banyak para peserta lelang yang ragu melakukan penawaran dikarenakan tidak dapat mengetahui barang atau aset secara langsung.

Kepercayaan yang Minim

Kepercayaan antara beberapa pihak menjadi salah satu kekurangan yang wajar. Para pihak tidak dapat bertatap muka secara langsung, sehingga memungkinkan beberapa peserta lelang ragu dalam melakukan sebuah transaksi.

Waktu

Kekurangan lelang online yang selanjutnya yakni berada pada waktu. Para pelaku lelang online harus benar-benar memantau proses pelelangan dari awal hingga akhir. Kedisiplinan waktu sangat diperlukan, agar informasi yang kita dapat juga tidak setengah-setengah.

Penutup

Itu tadi beberapa ulasan akan kelebihan dan kekurangan lelang online. Kemajuan teknologi memberi dampak yang begitu luar biasa, sehingga bagi kita para pengguna teknologi diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dengan bijaksana.

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *