4 Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Optimalkan Perkembangan Otak Anak

4 Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Optimalkan Perkembangan Otak Anak

Bunda tentu menginginkan agar Si Kecil bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Salah satu cara yang dapat Bunda lakukan yaitu memberikan makanan bergizi untuk Si Kecil setiap harinya. Selain makanan bergizi, susu pertumbuhan telah memiliki banyak nutrisi. Saat ini, susu pertumbuhan untuk anak telah diformulasikan khusus sebagai susu untuk kecerdasan otak anak.

Sebenarnya, kebutuhan nutrisi otak yang diperlukan Si Kecil tidak hanya dipenuhi pada usia balita (dibawah lima tahun). Asupan nutrisi ini juga penting untuk dipenuhi selama masa perkembangan anak yang berumur 6 sampai 9 tahun. Hal ini dilakukan demi menunjang tumbuh dan kembanganya. Terlebih lagi kemampuan berpikir anak pada usia sekolah akan semakin meningkat.

Salah satu penyebabnya yaitu dikarenakan anak bersosialisasi dengan orang baru, pergi ke tempat-tempat terbaru, dan menemukan banyak hal yang baru dan menarik lainnya. Hal ini dapat menunjukkan, bahwa kebutuhan nutrisi untuk otak anak juga semakin tinggi. Untuk menunjang kebutuhan nutrisi anak kini telah hadir susu terbaik dari Morinaga yang tidak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak namun bisa juga untuk menunjang kebutuhan otak si anak.

Perkembangan otak ini nantinya dapat mendukung perkembangan kognitif anak, perkembangan sosial anak hingga perkembangan fisik anak.

Nutrisi untuk perkembangan otak Si Kecil

Omega-3 dan omega-6

Omega-3 dan omega-6 merupakan dua jenis asam lemak yang sangat diperlukan oleh otak Si Kecil. Adapun DHA dan AA, yang merupakan bentuk lain dari asam lemak omega 3 dan omega 6. Kedua asam lemak tersebut sangat berguna untuk menunjang perkembangan otak Si Kecil agar lebih optimal.

Asam lemak omega-3 yang didapatkan dari makanan akan diubah menjadi DHA. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan enzim delta-4-desaturase. DHA juga dapat membangun 8% dari total berat otak.

Namun, anak usia 3 tahun tidak memiliki enzim tersebut dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu, Bunda perlu memberikan susu pertumbuhan yang kaya akan omega-3, omega-6, dan DHA pada Si Kecil.

Makanan yang mengandung asam lemak tersebut antara lain kacang-kacangan, ikan, seafood, dan juga buah alpukat.

Zat besi

Nutrisi lain yang dibutuhkan otak Si Kecil yaitu zat besi. Sel darah merah membutuhkan asupan zat besi sebagai alat pengangkut oksigen ke setiap sel dalam tubuh, termasuk otak. Dengan begitu, otak akan tetap sehat. Hal ini dapat menyebabkan kemampuan dan fungsi otak Si Kecil akan meningkat.

Makanan yang mengandung zat besi antara lain yaitu sereal, nasi, biji-bijian, daging merah, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Zat besi juga memiliki fungsi lain seperti meningkatkan energi dan sistem daya tahan tubuh Si Kecil.

Kolin

Kolin merupakan senyawa kimia larut air yang fungsinya hampir sama dengan vitamin. Kolin masih memiliki hubungan erat dengan folat dan vitamin B. kolin juga dapat membantu memproduksi DNA sekaligus meningkatkan sinyal saraf pada otak. Jika aliran tersebut berkembang secara optimal, perkembangan otak Si Kecil pun akan lebih maksimal juga.

Beberapa makanan yang mengandung kolin yaitu hati ayam, daging, susu, dan salmon.

Vitamin B12

Vitamin B12 atau kobalamin berperan sangat penting terhadap perkembangan otak Si Kecil. vitamin ini dapat meningkatkan kecepatan impuls saraf di otak. Selain itu, vitamin ini dapat membantu produksiĀ  DNA dan RNA yang sangat berperan penting bagi perkembangan otak.

Semakin optimal perkembangan DNA dan RNA dalam otak Si Kecil, maka akan semakin baik pula kemampuan otaknya di masa pertumbuhannya.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu telur, produk kedelai, susu almond, keju, dan juga cereal.

Nah, itulah 4 nutrisi pendukung perkembangan otak Si Kecil yang wajib Bunda tahu.

Metades:

Susu untuk kecerdasan otak anak mengandung beberapa nutrisi berikut agar perkembangan otak Si Kecil dapat tumbuh optimal

 

 

 

richar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *