Tips Mengatasi Kelelahan di Masa Kehamilan

Tips Mengatasi Kelelahan di Masa Kehamilan

Awal kehamilan bisa saja sangat menyiksa bagi Anda. Pasalnya pada masa ini tubuh masih beradaptasi dengan kehadiran janin sehingga ia mengeluarkan respon yang membuat Anda mengalami gejala tertentu, terutama kelelahan yang sangat hebat. Tanya Dokter Seputar Kehamilan apa bila Anda sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah ini, yuk cek!

Kenapa Awal Kehamilan Membuat Tubuh Anda Lemas Luar Biasa?

Ada beberapa penyebab kenapa di masa awal kehamilan Anda mengalami lelah atau lemas luar biasa. Kondisi ini bisa dipicu beberapa hal seperti:

Kondisi Anemia

Anemia menjadi kasus yang paling sering terjadi karena penderita kekurangan asupan zat besi. Apabila penderita anemia sedang menjalani masa kehamilan, maka sudah dipastikan ia akan mengalami sesak napas, lemas, pusing, jantung berdebar hingga konsentrasi yang sangat susah. Untuk mengetahui apakah Anda mengalami anemia atau tidak, Anda wajib melakukan tes darah. Pemeriksaan ini bisa dilakukan pada trimester pertama, atau akhir trimester ke-dua atau pas di awal trimester terakhir.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah berlebihan membuat Anda merasakan kelelahan yang sangat hebat, terutama pada trimester awal dan akhir. Asupan makanan yang berkurang akibat kondisi ini menyebabkan ibu hamil kerap dilanda kelelahan yang luar biasa.

Faktor Emosional atau Psikologis

Kondisi psikologis pada saat hamil akan terganggu akibat perubahan hormon dan aktifitas di malam hari. Hal ini akan membuat ibu hamil kerap mengalami perubahan mood atau suasana hati yang fluktuatif. Faktor psikologis ini bisa berakibat buruk pada perkembangan janin. Pastikan Anda membangun “support system” di dalam keluarga agar Anda mendapatkan dukungan di masa-masa penting ini.

Aktivitas Berlebih dan Kurang Istirahat

Kalau Anda termasuk wanita yang sangat aktif, terutama menjalani karir, pastikan Anda mengurangi aktivitas berat dan berikan waktu untuk badan Anda lebih beristirahat. Ini tidak hanya soal fisik juga, tapi kesehatan mental. Pastikan Anda mengurangi beban kerja yang mengganggu dan menaikkan level stres. Di samping itu, ikutilah kegiatan relaksasi yang didesain untuk ibu hamil.

 

Selain hal-hal di atas, poin terpenting bagi wanita hamil adalah memenuhi kebutuhan gizi. Kebutuhan nutrisi ini harus dilengkapi dengan makro dan mikro nutrien supaya kesehatan Anda bisa terjaga karena asupan gizi yang diperlukan terpenuhi.

Sekarang ada banyak sekali produk yang didesain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan ibu sekaligus. Misalnya susu yang didesain khusus dengan kandungan vitamin B6 untuk mengurangi mual dan muntah. Ada juga susu yang disediakan dengan paket komplit yang mengandung zat besi, asam folat dan juga kalsium.

Atur juga lifestyle Anda seperti melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mengatur pola makan dengan porsi yang lebih kecil tapi frekuensi makan ditambah.
  • Hindari makan makanan yang berbau menyengat, berminyak, dan juga pedas.
  • Beraktivitas di ruangan yang nyaman, sejuk serta memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan jahe untuk mengurangi mual.
  • Tambahkan suplemen pendukung yang dilengkapi kandungan vitamin B6.
  • Jangan beristirahat setelah selesai makan. Beraktifitas ringan sangat dianjurkan sambil menunggu pengosongan lambung.
  • Konsumsilah obat anti mual yang aman bagi wanita hamil.

Masa kehamilan memang masa yang paling menantang bagi semua pasangan suami istri. Penting sekali bagi kedua pasangan dan anggota keluarga memberikan support yang cukup agar ibu hamil tetap sehat dan terjaga kesehatan emosinya.

 

richar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *